Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir, Ini Daftarnya

Biaya Pembetulan Mobil Banjir – Berapa anggaran pembetulan mobil yang terendam banjir? Tentunya tak terjangkau, tetapi pembetulan wajiblah diperbuat. Terlebih apabila kalian ingin mobil dapat kembali ke kondisi prima.

Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir, Ini Daftarnya

Soal estimasi anggaran pembetulannya, nyatanya beragam. Hal pendukungnya tak sedikit, mulai dari dimensi mobil, derajat kemewahan, hingga dengan ketinggian air. Mau tahu detail anggaran pembetulan mobil terendam banjir? Simak bahasan berikut:

1. Mulai Rp500 Ribu, Tergantung Dimensi dan Kemewahan

Biasanya bengkel memberbagi paket pembersihan interior bekas banjir, berdasar dimensi mobil. Contoh untuk mobil kecil, masuk di dalamnya: city car, sedan, hingga dengan Toyota Avanza mendapat anggaran yang terterjangkau. Anggaran pembersihan interiornya, mulai Rp500 ribuan.

Kemudian untuk jenis mobil berdimensi sedang, semacam Toyota Innova, Nissan Serena, dan Toyota Voxy, tarifnya lebih tinggi. Paling mahal adalah mobil-mobil berdimensi besar dan mewah, semacam Toyota Alphard, Mercedes-Benz GLE, BMW X7, dan lain-lain.  Mobil kelas ini, tarifnya mulai Rp2 jutaan.

Biaya pembersihan interior yang dipatok, dihitung berdasar luas pengerjaan dan kerumitannya. Belum lagi untuk mobil mewah, kalau ditemukan ada komponen yang wajib diganti, pasti harganya tak terjangkau. Sehingga intinya terus kecil mobilnya, pembetulan terus terjangkau. Terus besar dan mewah mobilnya akan tambah mahal.

Maka, beruntunglah kalian yang punya mobil terjangkau dan berdimensi kecil. Setidaknya ongkos pembetulan yang lebih terjangkau, dapat membikin kekecewaan kalian tak terlalu dalam. Walau sebetulnya, mobil kebanjiran juga telah adalah duka tersendiri.

2. Anggaran Pembetulan Mobil Terendam Banjir Termahal, Mesin dan Kelistipsan Rusak!

Sebagai fotoan, harga ECU Toyota Avanza kurang lebih Rp1,2 juta. Itu cuma ECU, bagaimana jadinya kalau wajib ganti airbag, anti-lock braking system (ABS), head unit, AC, dan tetap tak sedikit lagi.

Pasalnya, komponen kelistipsan terbukti musuhnya air. Kalau telah terendam, biasanya mau tak mau wajib ganti dengan yang baru. Berapa kira-kira uang yang butuh dikeluarkan?

Kalau terbukti kerusakan menyeluruh semacam itu, bukan tak mungkin anggaran pembetulan mobil terendam banjir dapat seharga mobil baru. Telah sehingga kebiasaan ketika musim banjir, bengkel-bengkel resmi memberi diskon pembetulan mobil yang terendam.

Hanya saja kalau harga pembetulan di bengkel resmi tetap dianggap mahal, kalian dapat mencari mekanik perorangan agar lebih terjangkau. Maka dari itu, tak ada salahnya meperbuat survey harga terlebih dulu. Tujuannya tak lain, kalian mendapat harga paling baik untuk anggaran pembetulan mobil terendam bajir.

3. Anggaran Terterjangkau untuk Ketinggian Air di Karpet Dasar

Biaya pembetulan mobil terkena banjir yang terterjangkau adalah saat ketinggian air cuma menyentuh karpet dasar. Kenapa? Kemungkinan cuma komponen tersebut saja yang biasanya butuh dibersihkan.

Kalau cuma air, karpet bahkan tak butuh diganti. Lumayan dicopot, kemudian dicuci, terbaru dikeringkan. Beda lagi, kalau air yang masuk juga mengandung lumpur. Apalagi sebab lumpur, karpet dasar tak lagi dapat digunakan.

Estimasi anggaran untuk ketinggian air di karpet dasar, kurang lebih Rp500 – Rp1 juta untuk mobil berdimensi kecil. Sementara mobil berdimensi besar dan mewah, bukan tak mungkin biayanya mulai Rp2 jutaan.

4. Ketinggian Air Hingga Dashboard, Berapa Biayanya?

Siap-siap rogoh kocek dalam kalau mobil kalian terendam air hingga dashboard. Pasalnya komponen yang butuh dibersihkan pasti lebih tak sedikit. Bukan cuma karpet dasar, tapi juga jok dan panel pintu.

Hal ini juga berefek ke waktu pengerjaan yang agak lama. Hingga sangatlah bersih, estimasinya kurang lebih satu minggu pengerjaan. Soal biaya, buat pembersihan interior saja dapat menghabiskan anggaran mulai Rp2 jutaan untuk mobil berdimensi kecil. Sementara mobil premium dimulai dengan angka Rp5 jutaan.

Belum lagi kalau head unit, panel instrumen, dan AC rusak. Lebih parahnya lagi, kalau nyatanya air hingga masuk ke mesin dan transmisi. Uang yang lebih tak sedikit pasti melayang untuk pembetulan.

5. Anggaran Pembetulan Mobil Terendam Banjir Hingga Plafon, Interior Mulai Rp3 Jutaan!

Khusus pembersihan interior, anggaran pembetulan mobil banjir yang menyentuh plafon masuk kategori paling mahal. Pasalnya mobil terendam total, maka anggaran pembersihannya dapat berkali-kali lipat.

Pengerjaannya mulai dari karpet dasar, jok, dashboard, hingga langit-langit butuh dicopot habis. Lalu semacam biasa diperbuat pencucian, terkahir pengeringan.

Estimasi anggaran pembersihan untuk mobil terjangkau yang terkena banjir hingga plafon, mulai Rp3 juta. Sementara untuk mobil premium, harganya mulai Rp6 juta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Makanan Bernutrisi Baik untuk Kesehatan Otak

5 Jenis dan Manfaat Rempah untuk Kesehatan

Mengisi Ban Dengan Nitrogen, Apa Bedanya Dengan Angin Biasa?